Cara mengatasi Aplikasi Mobile JKN tidak bisa buka atau error

Bagi para perserta BPJS Kesehatan sekarang diberi kemudahan dalam mengkases BPJS hanya melalui smartphone. Pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.

Aplikasi yang dapat dioperasikan melalui smartphone itu berisi banyak fitur yang berguna bagi peserta JKN-KIS. Selesai mengunduh aplikasi Mobile JKN dan memasangnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah registrasi atau pendaftaran. Pilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data peserta. Pastikan adanya email aktif, karena setelah semua kolom diisi, sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email tersebut.

Terkadang aplikasi Mobile JKN masih mengalami gangguan, salah satunya tidak dapat login dan pesan error lainnya sehingga mengganggu akses ke BPJS Kesehatan. Salah satu pesan error yang kerap di tampilkan seperti gambar dibawah ini.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa melalui beberapa cara yang dijabarkan dibawah ini :

  1. Koneksi Internet Smartphone - pastikan anda memiliki paket data atau koneksi WiFi yang tersambung dengan baik.
  2. Model SmartPhone - Pastikan HP anda mendukung Aplikasi Mobile JKN, minimal Android 6.0 keatas dan iOS 12 keatas.
  3. Akses login - Cek kebenaran yang berhubungan dengan akses login seperti email, password, username, Nomor BPJS pastikan semuanya benar huruf besar kecil angka dan kararakternya.
  4. Force Stop atau Berhenti Paksa Aplikasi Moble JKN - Setelah berhenti paksa aplikasi silahkan buka kembali Mobile JKN, cara lumayan ampuh menghilangkan pesan error.

    Untuk mengakses menu ini tiap Smartphone/HP kurang lebih sama dari Menu Pengaturan - Aplikasi - Cari dan Pilih Aplikasi Mobile JKN - Pilih Force Stop atau Berhenti Paksa - Pilih OK atau Yes




  5. Hapus Cache Aplikasi Mobile JKN - Cara ini menghapus semua data sementara Aplikasi Mobile JKN. Untuk mengkases nya dari Menu Pengaturan - Aplikasi - Cari dan Pilih Aplikasi Mobile JKN - Pilih Penggunaan Penyimpanan - Pilih Hapus Cache.
  6. Hapus Data Aplikasi Mobile JKN - Cara ini menghapus semua data Aplikasi Mobile JKN dan Pengguna diharuskan untuk login kembali ke dalam Aplikasi Mobile JKN  Untuk mengkases nya dari Menu Pengaturan - Aplikasi - Cari dan Pilih Aplikasi Mobile JKN - Pilih Penggunaan Penyimpanan - Pilih Hapus Data.


    Bersihkan cache dan data Mobile JKN

  7. Restart atau Mulai Ulang SmartPhone/HP - Silahkan restart ulang smartphone anda dan tunggu beberapa saat untuk mengakses Aplikasi Mobile JKN.
  8. Server Mobile JKN Maintenance atau Sedang Pemeliharaan - Ada kalanya tidak login atau akses mobile JKN di karenakan Server dengan di perbaiki. Silahkan menunggu Server untuk beroperasi lagi dengan rentang waktu yang tidak dapat di pastikan.
  9. Install Ulang Aplikasi Mobile JKN - Uninstall atau hapus Mobile JKN dari SmartPhone anda dan download lagi melalui PlayStore Atau AppsStore.
  10. Hubungi Customer Service BPJS Kesehatan - Apabila semua cara diatas silahkan kontak CS BPJS bisa melalui.

    Email : keluhan.mobile@bpjs-kesehatan.go.id
    Web : bpjs-kesehatan.go.id
    WA Chat : 628118750400
Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk megatasi apabila aplikasi Mobile JKN error atau tidak bisa dibuka. Semoga artikel bermanfaat bagi para pembaca, apabila ada kekurangan dan tambahan jangan ragu-ragu untuk memberikan komentar. Sekian dan Terima Kasih.

TerlamaTerbaru